128 Tahun BRI Tumbuh Hebat dan Kuat

Oleh: Pipiet Palestin Amurwani

 

Bank Rakyat Indonesia (BRI) merupakan bank terbesar milik pemerintah Republik Indonesia yang mendapatkan kepercayaan masyarakat luas se Indonesia. Bank yang didirikan oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja pada tahun 1895 di Purwokerto, Jawa Tengah ini memiliki jaringan terluas di semua daerah Indonesia. Sejarah mencatat bahwa sejak berdirinya, bank BRI langsung menjadi bank yang paling penting bagi pembangunan ekonomi dan keuangan di Indonesia. Pada tahun 1959, bank BRI tercatat sebagai bank pertama di Indonesia yang diberikan status bank umum. Peranan bank BRI dalam pembangunan infrastruktur, perkebunan, dan industri di berbagai wilayah Indonesia tak diragukan lagi.

Sebagai bank terbesar milik pemerintah, dapat dipastikan bahwa BRI ada di semua kota atau kabupaten di seluruh wilayah Indonesia.  Dilansir dari suarajogja.id (17/10/2023) BRI tercatat memiliki 449 kantor cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Ditambah lagi sejak tahun 2015 BRI meluncurkan program keagenan layanan BRILink. Seperti ditulis dalam Kompas.com (12/12/2014) bahwa BRILink adalah salah satu terobosan bank BRI untuk mengedukasi masyarakat Indonesia dalam mengenal pengetahuan dasar tentang pengelolaan keuangan melalui pemanfaatan produk dan layanan perbankan. 

Menurut Agus Purnomo (42) salah satu kepala unit BRI di Kabupaten Jember, "Agen BRILink melayani transaksi pengambilan tunai, pembayaran, transfer, setoran pinjaman, dan layanan lainnya yang biasanya dapat dilakukan menggunakan mesin ATM". Layanan BRILink ini dapat mengurangi antrian pada penggunaan mesin ATM. BRI benar-benar serius memberi kemudahan pelayanan bagi masyarakat dalam mengakses layanan keuangan BRI. Tercatat dalam bri.com bahwa saat ini layanan Agen BRILink telah menjangkau 58.896 desa di seluruh pelosok Indonesia. Dengan kata lain Agen BRILink telah menjangkau >77% total desa yang ada di Indonesia.


Foto: Agen Brilink Pasar Gedangan Kanca Pacitan. Sumber: Koleksi Pribadi

Program Agen BRILink tentu saja memberikan kontribusi yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat. Program tersebut memiliki nilai sosial karena memberdayakan masyarakat dan memberikan pengetahuan terhadap masyarakat mengenai perbankan. Masyarakat yang menjadi agen BRILink pun mendapat keuntungan dari program tersebut. Keuntungan didapatkan dari sharing biaya yaitu sebesar Rp 3000,- setiap transaksi, agen berhak mendapatkan 50% dari biaya tersebut. Agen juga diberi hak untuk menarik biaya tambahan di luar sharing biaya maksimal Rp 10.000,-. Dapat dikatakan bahwa bisnis ini merupakan bisnis yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik masyarakat yang menjadi agen BRILink maupun BRI. 



Gambar: Tabel Kinerja(Produktivitas) Layanan BRILink. Sumber: bri.co.id

Bank BRI konsisten menjaga komitmennya untuk memberikan pelayanan kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Para pelaku UMKM sebagai ujung tombak perekonomian negeri merasa sangat terbantu dengan adanya kredit lunak dari BRI. Seperti yang dikatakan Yayan (33) seorang wirausaha mikro asal Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember,”Sangat terbantu oleh BRI. Ketika butuh modal, BRI membantu saya dengan KUR". KUR (Kredit Usaha Rakyat) adalah fasilitas kredit atau pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada pengusaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Melalui KUR pelaku UMKM bisa mendapatkan kredit maksimal 100 juta rupiah.

BRI hadir di tengah gempuran pinjaman online (pinjol) dengan bunganya yang mencekik. BRI hadir di tengah-tengah pelaku UMKM di saat lembaga-lembaga keuangan ilegal berkedok koperasi merayu. BRI sahabat pelaku UMKM. BRI menyelamatkan pelaku UMKM dari belenggu rentenir. Dilansir dari CNN Indonesia, Ai Pidawati (41), seorang pelaku UMKM yang menjadi agen UMi telah membebaskan banyak orang dari rentenir melalui program UMi BRI. Bahkan pada masa pandemi Covid-19 BRI meringankan beban nasabah dengan program restrukturisasi kredit atau penundaan setoran pokok. BRI tetap berdiri tegak di depan memberikan dukungan kepada nasabahnya yang mengalami keterpurukan usaha akibat pandemi. 

Program agen UMi (Ultra Mikro) diluncurkan pada bulan September 2021. Program ini merupakan program kredit bagi pelaku usaha berskala ultra mikro dengan jumlah maksimal 10 juta rupiah. Pelaku usaha ultra mikro merupakan pelaku usaha mikro paling bawah yang belum bisa terjangkau oleh program KUR (Kredit Usaha Rakyat). Program agen UMi ini juga turut memberikan keuntungan pada masyarakat yang menjadi agen. Pada tiap transaksi kredit agen akan mendapatkan fee keagenan sebesar Rp 25.000,- pada saat pencairan kredit dan Rp 25.000,- pada saat pelunasan. Seperti diungkapkan Eko (42) seorang agen UMi di kecamatan Tanggul,” Dengan menjadi agen UMi saya mendapat tambahan pendapatan dari peolehan nasabah.” Bermitra dengan BRI pasti mendapatkan keuntungan. Tugas agen UMi adalah mencari nasabah debitur. Selanjutnya tenaga pemasar mikro BRI yang biasa disebut mantri BRI akan menganalisis kelayakan calon nasabah untuk mendapatkan kredit UMi.

Gambar. Agen BRILink Mitra UMi di Kecamatan Tanggul, Kanca BRI Jember. Sumber: Koleksi pribadi

Diusianya yang ke 128 tahun ini, bank BRI terus menciptakan inovasi-inovasi perbankan yang sangat memudahkan masyarakat. Kehidupan masyarakat modern saat ini yang serba cepat membutuhkan sistem digital perbankan yang mendukung. Inovasi terbaru BRI yang mendukung aktivitas masyarakat modern yaitu aplikasi BRImo. Melalui fitur-fitur yang ada dalam aplikasi BRImo nasabah dapat melakukan transaksi tanpa harus datang ke kantor BRI. Mulai dari pembuatan rekening, transfer, pembayaran-pembayaran, pembelian pulsa atau paket data, setor tunai, dan juga penarikan tunai melalui mesin ATM tanpa kartu atau pun melalui teller tanpa buku. Dalam aplikasi BRImo juga terdapat pembayaran QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang merupakan metode pembayaran menggunakan QR code yang dapat menjadikan transaksi lebih mudah, cepat, dan aman. Semua transaksi nasabah akan terekam pada aplikasi BRImo melalui Fast Menu Catatan Keuangan. Bahkan kini BRImo dapat digunakan untuk transaksi di Singapura. Tidak perlu repot menukar uang dollar. Cukup menggunakan QRIS BRImo transaksi akan auto terkonversi ke dollar Singapura (Instagram bankbri_id).

              
                                           

                                                                 Gambar. Tampilan BRImo. Sumber: Koleksi Pribadi

Tercatat hingga akhir tahun 2022 BRImo telah diunduh >23,8 juta user atau tumbuh 68,46% YoY. Aplikasi mobile andalan BRI ini telah menghasilkan >1,8 miliar transaksi dengan nilai transaksi BRImo tembus Rp2.669 Triliun atau tumbuh sekitar 98,48%YoY (sumber: bri.co.id). Ini pencapaian yang sangat luar biasa.

                                           Gambar. Pertumbuhan Produktivitas BRImo. Sumber: bri.co.id

 

BRI akan terus tumbuh menjadi bank yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam menumbuhkembangkan usahanya. BRI akan terus berinovasi guna mendukung pertumbuhan ekonomi ke seluruh pelosok negeri. Selaras dengan visi besarnya di tahun 2025 untuk menjadi The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia and Champion of Financial Inclusion. BRI tumbuh hebat dan kuat. 


Pahlawan UMKM  Digitalisasi BRI  BRI untuk Indonesia


 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kasih Ibu Segera Sampai dengan JNE Super Speed

Tentang Novel "Sehidup Sesurga" karya: Asma Nadia